PENDAHULUAN
Era globalisasi menuntut kemajuan di semua bidang kehidupan, di mana kemajuan dan perkembangan diwujudkan melalui program pembangunan nasional. Keberhasilan pembangunan nasional tersebut sangat tergantung pada sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berperan serta secara aktif dalam pembangunan diperlukan suatu pendidikan.
Pada dasarnya pendidikan merupakan proses yang dengan dan dalam prose situ seseorang (siswa) tumbuh dan berkembang sesuai dengan tata nilai yang di dalamnya tercakup norma moral, estetika dan ilmu pengetahuan agar mampu bertanggung jawab sebagai individu, anggota masyarakat dan warga Negara. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Tap No. II/MPR/1998 tentang GBHN tahun 1998, bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila. Bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian agar menumbuhkan manusia-manusia pembangunan, juga dapat membangun dirinya sendiri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara.
Program pendidikan dan peningkatan harus dilaksanakan sejak dini, untuk mencapai yang berkualitas, karena pendidikan mutlak diperlukan. Pendidikan dasar dalam hal ini Sekolah Dasar merupakan landasan untuk pendidikan lanjutan maka wajar bila mendapat perhatian yang cukup besar.
Seiring perkembangan teknologi, pendidikan dituntut mampu mengadopsi inovasi teknologi yang sesuai, salah satunya melalui program Gugus Sekolah, di mana lewat Gugus Sekolah semua permasalahan yang timbul dalam melaksanakan, membimbing anak didik dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat dipecahkan bersama-sama. Dalam hal ini, Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk terdiri dari lima SD dengan SD Inti SDN Wanar dan SD Imbas antara lain : SDN Waruwetan, SDN Warukulon, SDN Gempolpading, dan SDN Kesambi.DATA KESISWAAN
Siswa merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pada perkembangannya siswa bukan hanya sebagai obyek sasaran pendidikan yang dianggap benda tetapi lebih sebagai partner yang dapat diajak interaksi dan selalu tumbuh dan berkembang.
Keadaan siswa di Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk secara umum dapat dikatakan cukup.
Berikut ini data siswa SD Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk
Tahun Pelajaran 2010 / 2011
No | Nama SD | Jumlah Siswa | Jumlah | |||||
I | II | III | IV | V | VI | |||
1 | SDN Wanar | 30 | 18 | 23 | 35 | 32 | 38 | 176 |
2 | SDN Gempolpading | 8 | 9 | 11 | 11 | 16 | 14 | 69 |
3 | SDN Warukulon | 16 | 16 | 21 | 11 | 19 | 19 | 102 |
4 | SDN Kesambi | 11 | 20 | 9 | 15 | 13 | 9 | 77 |
5 | SDN waruwetan | 21 | 21 | 27 | 19 | 27 | 16 | 131 |
Jumlah | 88 | 84 | 91 | 91 | 107 | 96 | 555 |
DATA KETENAGAAN
Dalam rangka pelaksanaan program pendidikan, setiap lembaga pendidikan / sekolah membutuhkan ketenagaan yang memadai dan dapat melaksanakan tugasnya secara profesional baik tenaga kependidikan maupun non kependidikan. Ketenagaan yang memadai meliputi kuantitas (jumlah) maupun kualitas (mutu)
Kondisi riil di lapangan menunjukkan tenaga yang ada masih jauh dari apa ynag diharapkan. Salah satunya untuk mendapatkan hasil pendidikan yang maksimal, seyogyanya tanggung jawab pengajaran diberikan secara khusus untuk bidang studi tertentu (Guru Bidang Studi). Pada umumnya tugas tersebut dirangkap oleh guru kelas yang berakibat pada hasil yang kurang sempurna.
Ketenagaan di Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk tersaji dalam table berikut :
Table 3.1.
Data Jumlah Tenaga Pendidik dan Personalia Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk
Tahun Pelajaran 2010 / 2011
No | Nama Lembaga | Tenaga Pendidik | Personalia | Keterangan |
1 | SDN Wanar | 15 | 1 | |
2 | SDN Gempolpading | 8 | 1 | |
3 | SDN Warukulon | 8 | 1 | |
4 | SDN Kesambi | 9 | 1 | |
5 | SDN waruwetan | 8 | 1 | |
Jumlah | 48 | 5 |
Data tenaga pendidik di Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk terrinci sebagai berikut :
1. Kepala Sekolah
Table 3.2.Data Kepala Sekolah SD Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk
Tahun Pelajaran 2010 / 2011
No | Nama Lembaga | Nama Kepala Sekolah | Keterangan |
1 | SDN Wanar | Drs. Mahmud Yuni | |
2 | SDN Gempolpading | Suparno,S.Pd. | |
3 | SDN Warukulon | H. Wardji,S.Pd.I. | |
4 | SDN Kesambi | Hj. Tatik Setyowati,S.Pd. | |
5 | SDN waruwetan | Sutono,M.Pd. |
2. GURU KELAS
Table 3.3.Data Guru Kelas SD Gugus Sekolah 01 Kecamatan Pucuk
Tahun Pelajaran 2010 / 2011
No | Nama Lembaga | Kelas | Nama Guru |
1 | SDN Wanar | I A | HAJAR ZAIDA,S.Pd. |
I B | NURHAYATI | ||
II | NUR HAMIDAH,S.Pd. | ||
III | MOH. MUFID,S.Pd.SD | ||
IV A | KASMIADI,S.Pd. | ||
IV B | SUDARYATI,S.Pd. | ||
V A | H. MOH. KOHAR,S.Pd. | ||
V B | ZUNAIDI ABDILLAH,A.Ma. | ||
VI A | SYAMSUL MA’ARIF,S.Pd. | ||
VI B | KARIADI WIONO,S.Pd. | ||
2 | SDN Gempolpading | I | SITI FATIMAH,S.Pd. |
II | MASTIK,S.Pd. | ||
III | ALI EFFENDI,S.Pd. | ||
IV | ICHWAN,A.Ma. | ||
V | Drs. SUKIMAN | ||
VI | H. ACHMAD BUSRI,S.Pd. | ||
3 | SDN Warukulon | I | SRI WAHYU |
II | TRI WURYANTI NINGSIH,S.Pd. | ||
III | |||
IV | CHOIRUL HUDA,S.Pd. | ||
V | SUNDARI,S.Pd. | ||
VI | CHUDLORI,S.Pd. | ||
4 | SDN Kesambi | I | SADIDAH WAHUSAH,A.Ma.Pd |
II | Dra. Hj. UMIYATI | ||
III | CHAMBALI | ||
IV | FATKUR ROHMAN,S.Pd. | ||
V | |||
VI | Drs. TIMAN, M.Pd. | ||
5 | SDN Waruwetan | I | F. LUTHFI DAHLIANA,S.Pd.SD. |
II | YUANAH,S.Pd. | ||
III | |||
IV | YAYUK TRI LESTARI,S.Pd. | ||
V | |||
VI | H. SLAMET,S.Pd,M.Pd. |
3. GURU PAI
No | Nama Lembaga | Nama Guru Agama | Keterangan |
1 | SDN Wanar | 1. KASBULLAH,S.Pd.I 2. MAHMUD,S.Pd.I. | |
2 | SDN Gempolpading | 1. ILYAS,S.Pd.I 2. MASTIK,S.Pd.I. | |
3 | SDN Warukulon | KASTIYAMI,S.Ag,M.Ag | |
4 | SDN Kesambi | ||
SDN Gempolpading |
4. GURU PENJASKES